Selasa, 04 Desember 2012

"Kelestarian Sumber Air Minum" Perlu Kita Jaga Sedini Mungkin ! Pureit Solusinya!

"Kelestarian Sumber Air Minum" Perlu Kita Jaga Sedini Mungkin ! Pureit Solusinya!
Oleh: Yani Sumanti

"Minum Air Bersih dan Sehat"
Saya adalah seorang ibu rumah tangga, yang sehari-hari selalu menyediakan air minum buat keluarga. Sebuah tanggungjawab yang mulia yang setiap hari di lakukan oleh semua ibu rumah tangga tanpa terkecuali. Tapi di balik tugas sehari-hari itu, apakah kita tahu air yang di minum oleh keluarga kita itu bersih dan sehat? Tentunya ini sebuah tugas yang perlu menjadi tanggung jawab kita semuanya. Bermodalkan pengetahuan dan informasi tentunya para ibu rumah tangga akan selalu menyediakan air minum yang bersih dan sehat sebatas pengetahuan yang kita dapatkan.

Tapi pernah kah kita berpikir, apakah air yang kita konsumsi dan minum tiap hari ini akan lestari dan ada selamanya?Bahan renungan buat kita semua!

Air merupakan sumber dari kehidupan. Manusia pun juga memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap air. Terdapat sebuah ironi mengenai air. Walaupun planet bumi merupakan planet yang berkelimpahan air, yaitu dua per tiga luasan bumi tertutup oleh air, namun saat ini di berbagai belahan dunia muncul fenomena kelangkaan air, salah satunya negeri kita tercinta Indonesia yang sudah mulai kelangkaan sumber air minum.

Pada beberapa daerah di Indonesia mulai muncul fenomena kelangkaan air bersih, terutama di musim kemarau. Fenomena kelangkaan air bersih akan semakin parah jika tidak segera dilakukan penanganan yang serius, dan tentunya dapat menghambat perkembangan wilayah. 

"Salah satu fenomena kekeringan" (Sumber foto google)
Munculnya fenomena ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa air merupakan sumber daya yang dapat diperbarui, namun tidak disertai kesadaran bahwa untuk dapat memperbarui diri, sumber-sumber air memerlukan lingkungan yang kondusif. Kelangkaan ini lebih terasa pada daerah yang kekurangan sumber air dan tidak terjangkau layanan dari pemerintah, sehingga masyarakat harus berjuang sendiri mencukupi kebutuhannya terutama di daerah pedesaan seperti keluarga saya ini. Sumber air minum hanya mengandalkan sumur-sumur buatan keluarga, yang jika musim kemarau datang, airnya akan kering, dan hampir semua keluarga berduyun-duyun pergi ke sumber air yang masih mengalir secara bersama-sama.Fenomena yang yang cukup mengkhawatirkan buat kita semua.

"Air PAM , airnya orang-orang kota" (sumber foto google)
Kebutuhan air minum di kota-kota besar umumnya diusahakan oleh Perusahaan Air Minum (PAM) milik negara yang disalurkan kerumah penduduk di seluruh kota dan dikenal oleh masyarakat sebagai air ledeng. Pipa yang dipergunakan umumnya pipa besi tua atau pipa baja. Jumlah penduduk yang terus meningkat dengan konsumsi rata-rata setiap orang 80- 150 liter per hari, mengakibatakan kapasitas air minum yang didistribusikan oleh PAM tidak mencukupi kebutuhan seluruh penduduk. Oleh karena itu perlu dicari, alternatif lain untuk menyediakan air bersih.

Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung  mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat.  Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002)

Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri  atau zat-zat berbahaya.
Kita sudah mengenal dan melakukan beberapa sumber air minum alternatif yang dapat diproses lebih lanjut sehingga layak minum, antara lain :
  1. Air hujan yang ditampung dalam bak penampungan, secara teoritis air hujan adalah bersih tidak mengandung kuman, dapat diminum tetapi tidak mengandung mineral-mineral yang berguna bagi kesehatan. Air hujan pada umumnya sudah tercemar oleh debu di udara, gas-gas atau asap pabrik/ industri.3. Jika musim kemarau bisa kita bayang bagaimana mendapatkannya?Dan jika musim hujan seperti sekarang ini yang terus-terusan.
  2. Air permukaan tanah antara lain air sungai sungai, danau tambak dan lainnya.  Air permukaan tanah ini umunya mudah tercemar oleh kuman-kuman atau kotoran-kotoran yang terdapat di permukaan tanah, maka perlu dilakukan proses penjernihan. Usaha yang sulit bagi kita yang di daerah yang notabene pengetahuannya terbatas.
  3. Mata air yang terdapat di daerah pegunungan yang banyak pepohonanya.Mata air ini keluarkan dari sela-sela akar pohon yang rindang. Biasanya air ini bersih dan jernih. Oleh karena itu air tidak perlu penyaringan atau penjernihan dapat langsung diminum tetapi harus direbus dulu.Kita tahu pegunungan kita sekarang ini mulai gundul dan gersang, sehingga mata air semakin lama semakin tak ada.
  4. Air dari dalam tanah dengan kedalaman lebih dari 4 meter , biasanya air cukup bersih, misalnya air sumur, Ada dua macam air sumur yaitu sumur dangkal dan sumur dalam ( sumur artesis) kedalaman sumur artesis dapat mencapai lebih dari 50 meter  dari permukaan tanah, yang semakin dalam dan semakin bersih airnya. Tapi jika musim kemarau datang, hampir semua sumur tersebut ikut kering juga.
"Salah satu upaya penyaringan air industri"
Khusus daerah-daerah langka air bersih atau jernih biasanya perlu dilakukan proses penyaringan atau pengendapan secara berulang-ulang sehingga hingga diperoleh air yang benar-benar bersih. Untuk mengendapkan kotoran, air dapat dicampur dengan tawas ( aluminum sulfat) kira-kira 30-100mg / liter air. sedangkan untuk membasmi kuman-kuman air dapat ditambah bahan-bahan disinfektan, atara lain kaporit ( Kalsium Hypochlorit), Chloor gas atau prusi ( CuSO4). Demi menjaga kesehatan, hindarkan meminum air mentah meskipun melalui proses penjernihan. Jadi dalam mengkonsumsi air untuk minum, meskipun air tambah jernih dan bersih , harus dimasak lebih dulu hingga mendidih.

"Air Minum bersih dan sehat"
Bisa kita bayangkan usaha dan upaya untuk mendapatkan air minum yang sehat itu sedemikian rumitnya. Kita tahu  air berperan dalam kehidupan manusia tetapi bila tidak di kelola dengan baik, air akan menggangu bagi kesehatan, yaitu sebagai media penyebaran penyakit, media perkembangan penyakit, dan penyebab penyakit pada manusia. Banyak penyakit kronis yang bisa di bawa oleh air akibat kandungan senyawa  atau zat kimia dalam air, seperti kanker, tumor, menurunnya kecerdasan, perubahan gen, dan lainnya. selain penyakit kronis, penyakit-penyakit akut yang di tularkan lewat air seperti kholera, typus, desentri, diare, hepatitis dan leptospirosis.

Usaha-usaha diatas adalah sebagian solusi untuk melestarikan sumber air minum. Air adalah sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia akan lebih cepat meninggal karena kekurangan air daripada kekurangan makanan. Kebutuhan manusia akan air sangat komplek, antara lain untuk minum,masak, mandi, mencuci dan lain sebagainya.

Menurut perhitungan WHO, di negara-negara maju setiap orang rata-rata memerlukan air 60 - 120 liter perharinya, sedangkan di negara berkembang seperti Indonesia, tiap orang memerlukan air 30 - 60 liter perharinya.

Diantara keguanaan-keguanaan air tersebut yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum. Untuk itu untuk keperluan minum (termasuk masak) air harus mempunyai persyaratan khusus agar air tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi kita manusia.

Agar air minum tidak menyebabkan penyakit, maka air tersebut hendaknya di usahakan memenuhi persyaratan-persyaratan kesehatan, seperti:
  • 1) Syarat fisik: bening, tak berwarna, tidak berasa, suhu di bawah suhu udara
  • 2) Syarat bakteriologis : bebas dari bakteri patogen
  • 3) Syarat Kimia : mengnadung zat-zat yang tidak berlebihan (Flour 1-1,5 mg/lt; Chlor 250 mg/lt; Arsen 0,05 mg/lt; Tembaga 1,0 mg/lt; Besi 0,3 mg/lt; zat organik 10 mg/lt; Ph keasaman 6,5-9,0 mg/lt dan CO2- nol)
Selama ini sumber-sumber air yang kita proses menjadi air minum, diantaranya adalah :
"Memasak air secara alamiah"
Kelima sumber air minum diatas semuanya perlu pengolahan terlebih dahulu sebelum di konsumsi untuk di minum, seperti 1) pengolahan alamiah; 2) pengolahan air dengan menyaring; 3) pengolahan air dengan menambah zat kimia; 4) pengolahan air dengan mengalirkan udara; 5) pengolahan air dengan memanaskan sampai mendidih.

Pureit dari Unilever dengan teknologi pemurni air siap minum, mempermudah semua hal diatas dengan mengeluarkan produknya untuk melestarikan sumber air minum yang semakin hari semakin berkurang.

Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya.


  • Tidak memerlukan sambungan ke keran.

  • Sangat praktis digunakan. Tinggal tuangkan air tanah/PAM mentah yang biasa dimasak untuk minum ke dalam Pureit.

  • Kapasitas wadah atas 9 liter dan wadah transparan 9 liter.

  • Tersedia dalam dua warna pilihan: putih biru dan putih marun
Inovasi terbaru dari Unilever, water purifier (pemurni air) untuk keluarga Anda dengan teknologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.
Air yang dihasilkan Pureit dapat langsung diminum tanpa perlu dimasak. Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air; sehingga air yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.

Cara Menggunakan Pureit:
  • Pureit: Tidak memerlukan sambungan ke keran.
  • Pureit: Sangat praktis digunakan. Tinggal tuangkan air tanah / PAM mentah yang biasa Anda masak untuk minum ke wadah bagian atas Pureit melalui Saringan Serat Mikro.
  • Pureit: Kapasitas wadah atas 9 liter dan wadah transparan 9 liter.
  • Pureit: Tersedia dalam dua warna pilihan: putih biru dan putih marun.
  • Pureit: Tidak memerlukan listrik atau gas.
putih-biruputih-marun
Dengan teknologi canggih, Pureit layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum tanpa menggunakan gas dan listrik. Selain praktis dan higienis, Pureit juga ekonomis.

cara-kerja-pureit

Proses kerja pemurnian air dibagi ke dalam 4 tahap:
  • Tahap 1: Saringan Serat Mikro menghilangkan semua kotoran yang terlihat
  • Tahap 2: Filter Karbon Aktif menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya
  • Tahap 3: Prosesor Pembunuh Kuman menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air
  • Tahap 4: Penjernih menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami
Komponen 2-3-4 disebut Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang akan memurnikan 1500 lt air setara dengan 80 galon (suhu air 25o C, kelembaban sedang) untuk 6 8 bulan pemakaian. Masa pakai Germkill Kit tergantung dengan pemakaian air keluarga Anda.
Ingat: Air yang dimasukkan ke dalam Pureit adalah air yang biasa Anda rebus untuk diminum.
Fitur Tambahan Pureit
indikator-pureit
  • Germkill Life Indicator (Indikator) akan memberitahukan kapan harus mengganti Germkill Kit.
  • Jika Germkill Kit yang sudah habis masa pakai belum diganti, Mekanisme Penghentian Otomatis akan menghentikan aliran air dari Wadah Atas sehingga menjamin keluarga Anda selalu mendapatkan air minum yang aman.
  • Garansi 1 tahun untuk cacat produksi sejak tanggal pembelian.
  • Kapasitas Wadah Atas 9 liter, Wadah Transparan 9 liter.
  • Pureit memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.
  • Pureit mendapatkan sertifikat dari lembaga ilmu pengetahuan di Asia dan Eropa seperti:
    1. UGM, ITB, IPB untuk kinerja Pureit
    2. Sucofindo untuk kinerja Pureit
    3. Scottish Parasite Diagnostic Laboratory, Glasgow, Inggris
    4. Indian Public Health Association
    5. London School of Hygiene and Tropical Medicine (University of London), Inggris
pure-itgermkill-life-indikator
Keunggulan Pureit:
  • Sangat praktis. Hanya memasukkan air ke dalam alat dari bagian atas, Pureit akan memurnikan air untuk siap minum.
  • Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  • Biaya per liter pemurnian air hanya Rp100, jauh di bawah harga air galon dari merek ternama (Rp526/liter), air isi ulang (Rp187/liter), dan air rebus (Rp107/liter).
  • Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) USA yang menghilangkan log 6 bacteria, log 4 virus, dan log 3 parasites.
  • Pureit memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis).
  • Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber.
  • Garansi satu tahun.
Cara Kerja Pureit
  • Isi penuh 9 liter air PAM/tanah mentah wadah bagian atas.
  • Air akan mulai mengalir di wadah transparan 45 menit - 1 jam.
  • Buang air isian pertama untuk melakukan pembilasan dan lakukan proses pembilasan ini sebanyak 3 kali.
  • Setelah itu isi kembali wadah bagian atas dan air di wadah transparan sudah siap diminum.
  • Pengisian kedua dan seterusnya akan memakan waktu 15 30 menit.
  • Simpan pompa plastik di tempat aman (nanti dibutuhkan untuk keperluan pembersihan).
Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Memasak Air


masak-air
  • Jauh lebih praktis.
  • Mampu menghilangkan kontaminasi dalam air minum Anda yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya memasak seperti merkuri, pestisida, karat besi dan sebagainya.
  • Pureit sangat terjangkau dan hemat.
Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Isi Ulang Rutin
isi-ulang
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air isi ulang di rumah Anda.
  • Tidak perlu ragu akan sumber air yang digunakan untuk air isi ulang Anda.
  • Tidak perlu ragu bagaimana air diproses di depot isi ulang.
  • Tidak perlu repot menyediakan air isi ulang secara rutin di rumah Anda.
  • Menghemat sejumlah uang setiap bulannya karena Anda tidak perlu lagi membeli air isi ulang.
Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Galon Bermerek


air-galon
  • Menghemat uang tiap bulannya karena Anda tidak perlu lagi membeli air galon.
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air galon di rumah.
  • Tidak perlu repot menyediakan air galon di rumah Anda terus-menerus.
  • Tidak perlu khawatir akan keamanan dan kualitas air galon yang Anda gunakan setelah galon tersebut keluar dari pabrik.
Contoh Penghematan Dengan Pureit
  • Pureit
    GKK Rp 150 ribu = 1500 liter -> Rp 100/liter
  • Galon Bermerek
    Rp 10 ribu = 19 liter -> Rp 526/liter (Hemat 5x lipat)
  • Galon Isi Ulang
    Rp.3.500 = 19 liter -> Rp.184/liter (Hemat 2x lipat)
  • Rebus air
    Gas 3 kg = Rp.12 ribu, 2 minggu, 112 liter -> Rp.107/liter (Hemat waktu dan praktis)
Jika 1 minggu memakai 2 galon (38 liter), penghematan 1 thn dengan memakai Pureit:
  • Galon Bermerek = 2 galon X 10.000 X 52 mgg (38 liter X 52 mgg X Rp 100) = (1.040.000 197.600) = Rp 843.000
  • Galon Isi Ulang = 2 galon X 3.500 X 52 mgg (38 liter X 52 mgg X Rp 100) = (364.000 197.600) = Rp 166.400
  • Rebus = 52/2 X 12.000 (112 liter X 26 mgg X Rp 100) = (312.000 291.200) = Rp 20.800

Sebagai ibu rumah dan orang tua, Anda bertanggung jawab untuk kesehatan keluarga dan tentunya ingin menyediakan air minum yang terlindungi sepenuhnya dari kuman berbahaya penyebab penyakit.

Sekarang, Anda tidak perlu repot dan khawatir menyiapkan air minum yang aman untuk keluarga.

Karena kini telah hadir, cara baru yang praktis dan terjangkau untuk mendapatkan air yang terlindungi sepenuhnya dari kuman yaitu PUREIT Solusi terbaik untuk menjaga kelestarian Sumber Air Minum.

Untuk lebih jelas tentang PUREIT bisa di simak berikut ini :

Tentang Pureit Water
IKLAN Pureit
"KEUNTUNGAN Pureit Water"
"PRODUK Pureit Water"
"PEMASANGAN Pureit "
"TESTIMONI Pureit "
' PESAN ONLINE Pureit "
Jadi tunggu apalagi ! " Kelestarian Sumber Air Minum" perlu kita jaga sedini mungkin dengan salah satu solusinya adalah menghadirkan Inovasi terbaru dari Unilever, water purifier (pemurni air) di  keluarga Anda dengan teknologi modern dan  canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit, sehingga keluarga kita akan sehat dan sehat !


Referensi/Sumber :
1) http://www.pureitwater.com/ID/
2)  http://www.airminumisiulang.com/page/35/pengolahan_air_minum_dan_air_bersih
3) http://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum



12 komentar:

  1. Tulisan yang lengkap dan enak di bacanya....info pureitnya lengkap seklai...semoga kelak nanti bisa hadir juga di tengah-tengah keluarga guru di daerah ! sukses buat lombanya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pak atas apresiasi dan mampirnya....kita berdoa bersama semoga saja Pureitnya bisa menghiasi rumah kita ! sukses juga buat semuanya!

      Hapus
  2. menarik seklai bu tulisannya...usaha melestarikan sumber air minum memang menjadi tugas kita...untuk tetap melangsungkan kehidupan...Pureit ternyata telah berupaya untuk menyediakan dan menyaipakan sumber air yang bersih dan untuk tetap menjaga kesehatan keluarga ! sukses buat pureitnya...mudah2 an bisa ada di rumahku juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba Krani....semoga saja harapan itu jadi kenyataan...kita berdoa semoga Pureitnya bisa hadir di tengah-tengah keluarga kita...Amin !

      Hapus
  3. Saya doakan menang ya Bu
    www.edisukarman.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @edi sukarman : Makasih mas udah mampir...doanya mudah2 an terkabul...yang penting semuanya sukses!

      Hapus
  4. Bagus buk blog nya......semoga menang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @MIU : Makasih atas apresiasinya.....semoga saja menang ! Amin !

      Hapus
  5. sukses nih buat mbak yuni
    mantap artikelnya ya...
    kunjungi balik blog saya ya....
    moga sukses deh
    http://hari2ku.blogdetik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Roni : Makasih atas apresiasinya...semoga semuanya sukses....so pasti kita berkunjung ke blog Mas Roni... !

      Hapus
  6. Balasan
    1. Makasih ...mudah-mudahan doanya terkabul...! Sukses buat semuanya!.....meluncur ke lokasi!

      Hapus